Beranda > Learning Trajectory

Mathematical Entrepreneurship: Role Play Customer dan Front Office Mahasiswa Pendidikan Matematika IKIP Siliwangi

Penulis: Admin Mat - Desember 2023

Dalam rangka mengembangkan keterampilan kewirausahaan dan aplikasi konsep matematika dalam konteks bisnis, mahasiswa diberikan tugas untuk melaksanakan kegiatan role play yang melibatkan peran sebagai pelanggan dan staf front office. Kegiatan ini dirancang untuk memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam menghadapi situasi nyata yang mungkin terjadi dalam dunia bisnis.


Dalam peran sebagai pelanggan, mahasiswa diberi skenario tertentu yang mewakili kebutuhan atau masalah yang perlu diatasi. Skenario ini dapat beragam, mulai dari permintaan informasi tentang produk atau layanan, keluhan terkait pelayanan atau kualitas produk, hingga permintaan solusi untuk masalah tertentu yang mereka alami. Melalui peran ini, mahasiswa diberi kesempatan untuk memahami perspektif pelanggan, termasuk kebutuhan, preferensi, dan harapan mereka terhadap sebuah layanan atau produk.


Di sisi lain, mahasiswa juga berperan sebagai staf front office yang bertugas untuk melayani pelanggan dengan efektif dan profesional. Mereka harus menerapkan keterampilan komunikasi yang baik untuk mendengarkan dengan cermat kebutuhan pelanggan, memberikan jawaban yang informatif, dan menawarkan solusi yang sesuai dengan masalah yang dihadapi pelanggan. Selain itu, staf front office juga harus mampu mengelola situasi yang mungkin menantang, seperti menghadapi keluhan atau ketidakpuasan pelanggan dengan cara yang sopan dan efektif.


Selama kegiatan role play, mahasiswa diberikan kesempatan untuk menerapkan konsep-konsep matematika dalam situasi bisnis yang konkret. Misalnya, mereka dapat menggunakan analisis data untuk menentukan kebutuhan pasar atau menetapkan harga produk, menggunakan pemodelan matematika untuk merancang strategi penjualan atau pengelolaan persediaan, atau menggunakan statistik untuk mengevaluasi kinerja bisnis. Dengan demikian, kegiatan ini tidak hanya membantu mahasiswa dalam mengembangkan keterampilan interpersonal dan komunikasi yang penting dalam dunia bisnis, tetapi juga memungkinkan mereka untuk mengaplikasikan konsep-konsep matematika dalam konteks yang relevan dan bermakna.


Secara keseluruhan, kegiatan role play customer dan front office dalam konteks tugas mathematical entrepreneurship memberikan pengalaman belajar yang holistik bagi mahasiswa, yang menggabungkan aspek praktis dan teoretis dari kewirausahaan dan matematika. Melalui pengalaman ini, diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan kewirausahaan yang kuat dan memahami pentingnya penerapan konsep matematika dalam pengambilan keputusan bisnis yang efektif.