Beranda > PDK

Program PDK (Pembelajran Daring Kolaboratif)

Penulis: Admin Mat - September 2022

Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) mengarahkan mahasiswa untuk memiliki pengalaman belajar di luar program studinya. Kebijakan ini digulirkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk mendorong mahasiswa memiliki berbagai kompetensi dan keilmuan (hardskill dan atau softskill) yang berguna dan menjadi bekal mereka memasuki dunia kerja. Untuk mengakomodir hal tersebut, tentu diperlukan program kegiatan yang dapat memfasilitasinya. Salahsatunya adalah melalui pelaksanaan pembelajaran daring kolaboratif, yang didalamnya dirancang dalam bentuk pertukaran pelajar dan dilaksanakan secara daring. Kegiatan ini tentu sangat baik dilakukan, karena mendukung pencapaian IKU, terutama IKU ke 3, 6 dan 7. 


Pelaksanaan kegitan ini dilakukan secara jarak jauh dengan pemanfaatan LMS yang dimiliki oleh IKIP Siliwangi dengan perancangan beberapa model pembelajaran berbasis IT yang inovatif yang terintergarsi dalam mata kuliah Matematical Entrepreneurship 3 dan Aplikasi TIK dalam Pembelajaran Matematika, sehingga dapat meningkatkan mutu pengajaran dan kompetensi yang dimiliki oleh mahasiswa (baik dari program studi pendidikan matematika IKIP Siliwangi maupun dari kampus yang berkolaborasi, dalam hal ini program studi pendidikan matematika Universitas Katolik Widya Mandira). 


Dosen IKIP Siliwangi dan Dosen Unwira bekerjasama dalam melakukan kolaborasi kegiatan PDK pada mata kuliah Aplikasi TIK dalam Pembelajaran serta Mathematical Entrepreneurship 3. Mata Kuliah Aplikasi TIK merupakan mata kuliah yang mengarahkan mahasiswa untuk mampu mengoperasikan/menggunakan berbagai aplikasi/flatform yang akan digunakan sebagai media pembelajaran matematika. Seperti liveworksheet, geogebra, scratch, ed puzzle, quiziz, canva dan teknologi adaptif multiplayer. Selain itu, Mata Kuliah Mathematical Entrepreneursip 3 adalah salah satu matakuliah khas program studi pendidikan matematika IKIP Siliwangi. 


Mata kuliah ini merupakah mata kuliah lanjutan dari Mathematical Entrepreneurship 1 dan Mathematical Entrepreneurship 2. Melalui mata kuliah ini, anda akan mendapatkan pengalaman dalam mendesain inovasi media pembelajaran daring. Terlebih pada saat pandemi seperti saat ini, pembelajaran daring dilakukan pada setiap jenjang sekolah. Mahasiswa calon guru matematika, harus mampu mendesain bahan ajar inovatif melalui pembelajaran daring, baik dalam segi pendekatan yang digunakan, bantuan software, dsb. Disain bahan ajar yang dirancang harus interaktif dan juga harus bisa dipelajari secara mandiri, selain itu bahan ajar daring yang disusun harus bersifat konstruktivisme.


Kegiatan perkuliahan menggunakan SPADA IKIP Siliwangi (spada.ikipsiliwangi.ac.id) dan menggunakan zoom meeting untuk pembelajaran daring/hybrid. RPS, Konten Perkuliahan sudah diimplementasikan di dalam spada IKIP Siliwangi, sehingga dosen dan mahasiswa IKIP Siliwangi ataupun mahasiswa Unwira dapat berinteraksi langsung di spada IKIP Siliwangi.